Logo Bloomberg Technoz

Korona dapat lebih jelas terlihat dari planet Bumi di Benua Amerika belahan utara, mulai dari i Sinaloa, Meksiko, sampai Newfoundland, Kanada. Indonesia tidak menjadi bagian dari jalur pengamatan Gerhana Matahari tahun 2024.

Baca Juga: Kenapa Gerhana Matahari 2024 Tidak Bisa Dilihat dari Indonesia?

Pengamatan semakin dinanti karena siklus Matahari tahun ini ada di titik ekstrim maksimum — terjadi setiap 11 tahun sekali. Hal yang menurut Ilmuwan, dikutip dari Nature, terdapat gelombang medan magnet yang semakin kuat sehingga menghasilkan bintik di Matahari.

Ledakan akan semakin terlihat karena penduduk Bumi akan mendapati Matahari yang seolah berbentuk cincin karena pertemuan orbit sebidang dengan Bulan.

Potensi ledakan matahari. (Dok: NASASpaceNews)

Gerhana Matahari yang terjadi dalam hitungan menit membuat para pengamat gerhana berpotensi  melihat lingkaran plasma bermuatan listrik dengan ukuran jauh lebih besar dari diameter Bumi.

Ilmuwan fisika dari  National Solar Observatory di Boulder, Colorado, Ryan French menyebut bahkan ada potensi tampak struktur spiral berputar tinggi di atmosfer Matahari.  Sebuah ilustrasi ledakan Matahari juga telah dipublikasikan oleh NASA Space News.

Rute perjalanan gerhana, membandingkan 2017 dan 2024 di wilayah Amerika Serikat. (Dok: Bloomberg)

(wep)

No more pages