Logo Bloomberg Technoz

Dalam beberapa bulan terakhir, Iger telah berusaha untuk mengatasi kekhawatiran investor dengan menyelesaikan sengketa politik dengan Florida, membawa direksi baru untuk mengawasi suksesi, dan berjanji akan segera mendapatkan keuntungan dari bisnis streaming perusahaan.

Trian Fund Management LP milik Peltz memiliki saham Disney senilai lebih dari US$3,5 miliar dan telah mengagitasi untuk mendapatkan kursi direksi guna mengatasi pengembalian saham yang tertinggal dan apa yang dilihatnya sebagai tata kelola perusahaan yang tidak memadai.

Menurut sumber yang mengetahui masalah tersbeut, para investor Disney melihatnya secara berbeda, dengan Peltz hanya mendapatkan 31% dari suara yang diberikan.

Rasulo bahkan menerima dukungan yang lebih sedikit. Iger terpilih kembali dengan dukungan 94%.

"Ini juga putaran kedua kami dengan Disney, dan kami berharap ini akan menjadi yang terakhir dan pemegang saham tidak akan kecewa seperti setahun yang lalu," kata Peltz di pertemuan tersebut sebelum pengumuman suara. 

"Terlepas dari hasil pemungutan suara hari ini, Trian akan mengawasi kinerja perusahaan."

Dalam sebuah pernyataan setelah pemungutan suara, Trian mengatakan mereka "bangga dengan dampak yang telah kami berikan dalam memfokuskan kembali perusahaan ini pada penciptaan nilai dan tata kelola yang baik."

Blackwells menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "tujuan utamanya tercapai menjaga Nelson Peltz keluar dari ruang dewan Disney."

Ilustrasi Walt Disney (Sumber: Bloomberg)

Saham Disney turun sebanyak 2,9% menjadi US$119,30 sebagai dampak dari pemungutan suara. Saham tersebut naik 36% tahun ini sampai penutupan Selasa.

Dalam masa menjelang rapat tahunan, Iger dan dewan memenangkan dukungan dari penasihat proxy Glass Lewis & Co, CEO JPMorgan Chase & Co, Jamie Dimon, dan pemegang saham besar seperti George Lucas, Laurene Powell Jobs, dan anggota keluarga Disney.

Peltz mendapatkan dukungan dari penasihat proxy Institutional Shareholder Services dan Egan-Jones, dan mengumpulkan dukungan dari direktur saat ini dan sebelumnya dari Procter & Gamble Co, Mondelez International Inc, dan Janus Henderson Group Plc, tempat dia sebelumnya memiliki peran dewan.

Iger kembali untuk memimpin Disney lebih dari setahun yang lalu untuk menggantikan penggantinya yang dipilihnya sendiri, Bob Chapek. 

Di bawah Chapek, Disney mengalami kerugian besar dari streaming. Disney juga terlibat dalam pertarungan dengan Gubernur Republik Florida, Ron DeSantis, atas legislasi negara yang membatasi pembahasan tentang gender di sekolah-sekolah umum.

Dalam periode kedua kepemimpinannya, Iger telah memangkas biaya tahunan sebesar US$7,5 miliar, mem-PHK 8.000 pekerjaan dan mulai mengatasi kinerja bisnis film perusahaan yang menurun. Dia telah merencanakan untuk membuat program olahraga unggulan dari ESPN tersedia untuk penonton online dan mengungkapkan usaha streaming olahraga dengan pesaing.

Perusahaan juga telah menunjuk sebuah panel anggota dewan untuk mengawasi pencarian pengganti Iger, yang kontraknya berlaku hingga tahun 2026.

Selain itu, Disney telah mengembalikan dividen mereka, mengumumkan rencana untuk berinvestasi US$60 miliar di taman dan resor mereka selama 10 tahun ke depan.

Dan memperdalam keterlibatan mereka dalam bisnis video game melalui investasi US$1,5 miliar di Epic Games, pembuat judul populer Fortnite.

(bbn)

No more pages