Logo Bloomberg Technoz

Kakao berjangka di New York telah menutup tahun 2023 dengan kenaikan sebesar 61% dan terus melonjak sejak saat itu. Harga telah meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun ini, dan mencapai rekor US$10.080 per metrik ton pada hari Selasa. Reli ini didorong oleh kekurangan biji kakao dari Afrika Barat, wilayah dengan pertumbuhan terbesar di dunia.

Harga rata-rata satuan telur coklat melonjak 12% pada tahun yang berakhir 9 Maret, sementara volume penjualan turun 4,2% pada periode yang sama, menurut data dari peneliti konsumen NIQ. Penjualan coklat yang lebih luas mengikuti tren serupa, data NIQ menunjukkan.

Meskipun harga sedang tinggi, sekarang mungkin bukan waktu yang buruk untuk mulai menimbun makanan — terutama pada minggu setelah Paskah ketika sisa makanan liburan mulai dijual. Itu karena coklat biasanya diproduksi jauh hari sebelumnya.

Harga Coklat pada 2025 Akan Lebih Mahal

Biaya pada masa Paskah sudah “dibatasi, meskipun harga kakao lebih tinggi dibandingkan tahun lalu,” kata David Branch, manajer sektor di Wells Fargo Agri-Food Institute. Namun, “peningkatan besar kemungkinan besar akan terjadi di masa depan, seiring dengan mulai berlakunya harga astronomis”.

Permen Paskah yang ada di rak Hershey Co., misalnya, direncanakan oleh pengecer setahun sebelumnya dan tidak terpengaruh oleh biaya saat ini, kata Allison Kleinfelter, juru bicara perusahaan.

Itu berarti lebih banyak berita buruk mungkin akan terjadi bagi pecinta coklat selama Paskah 2025. Lebih dari 40% konsumen mengatakan mereka lebih memilih telur coklat padat daripada telur coklat isi atau berlubang, menurut National Confectioners Association.

Meski begitu, coklat tetap menjadi makanan yang terjangkau bagi banyak orang – terutama untuk hari libur, yang mencakup hampir dua pertiga dari seluruh penjualan produk manisan di AS. Hampir 90% konsumen berencana membeli permen Paskah, menjadikannya salah satu pembelian terencana teratas untuk liburan, menurut National Retail Federation.

Bahkan dengan harga yang lebih tinggi, “konsumen terus menerima coklat dan permen sebagai bagian dari perayaan, acara, dan setiap hari mereka,” kata Carly Schildhaus, direktur urusan masyarakat dan komunikasi National Confectioners Association.

Permintaan akan makanan ringan sering kali terbukti lebih inelastis dibandingkan barang-barang non-esensial lainnya. Lagi pula, meskipun secara teknis tidak ada orang yang membutuhkan coklat untuk hidup, pasti ada banyak chocoholics yang berpendapat berbeda.

(bbn)

No more pages