Logo Bloomberg Technoz

PDIP, Soliditas Elite dan Maju Mundur Hak Angket

Mis Fransiska Dewi
26 March 2024 09:50

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat Konser Salam Metal di GBK, Jakarta, Sabtu (3/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat Konser Salam Metal di GBK, Jakarta, Sabtu (3/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PDI Perjuangan belum menunjukkan gerak berarti di parlemen terkait dengan hak angket kecurangan pemilu. Sempat beraapi-api mengancam pengguliran hak angket kecurangan pemilu, kini ambisi itu dinilai maju mundur.

Politikus senior PDIP Junimart Girsang menyebut rencana pengguliran hak angket masih terus dibahas antarsesama anggota DPR RI. Dia meminta publik tetap menunggu.

"Hak angket itu ya kita tunggu. Mengenai jadi tidaknya kita lihat bagaimana komunikasi di antara lintas fraksi nanti," kata Junimart di komplek parlemen, Senin (26/3/2024).

Pengamat politik sekaligus Peneliti Senior BRIN, Lili Romli mengakui PDIP masih gamang dalam menyukseskan inisiasi hak angket. Menurutnya ada beberapa faktor.

Lili berpendapat, pertama terkait soliditas dan kekuatan partai pengusung hak angket. Tampak adanya disorientasi dari masing-masing partai karena sebagian ingin bergabung dengan koalisi pendukung pemerintah. Seperti diketahui mulanya gerakan hak angket didukung penuh NasDem, PKB, dan PKS yang tergabung dalam koalisi Anies-Muhaimin.