Logo Bloomberg Technoz

Rusia & China Veto Draf Resolusi AS soal Gencatan Senjata di Gaza

News
23 March 2024 07:00

Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB. (Dok Bloomberg)
Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB. (Dok Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg,  Rusia dan China memveto langkah terkeras AS untuk menekan Israel di Dewan Keamanan PBB (DK PBB), dengan mengatakan bahwa resolusi yang mendukung gencatan senjata di Gaza masih terlalu lemah.

Proposal tersebut, yang menyebutkan "keharusan untuk gencatan senjata segera dan berkelanjutan" di Gaza - tetapi tidak menuntut hal tersebut - adalah langkah terdekat AS untuk menekan sekutunya Israel, yang hanya mendukung penghentian pertempuran terbatas untuk membebaskan sandera yang ditawan Hamas.

Namun, resolusi AS juga termasuk kecaman atas serangan 7 Oktober terhadap Israel oleh Hamas. Sebagian besar proposal PBB oleh negara lain tidak menyertakan kritik terhadap Hamas.

"Gaza hampir musnah dan sekarang perwakilan AS tanpa ragu-ragu menegaskan bahwa Washington akhirnya mulai mengakui perlunya gencatan senjata," Duta Besar Rusia Vasily Nebenzya mengatakan kepada dewan sebelum memberikan suara menentang resolusi tersebut. "Proses berpikir lamban di Washington ini telah merenggut nyawa 32.000 warga Palestina."