Logo Bloomberg Technoz

Kepala FAA: Boeing Bermasalah Seputar Budaya Keselamatan

News
20 March 2024 06:40

Infografis Daftar Insiden Pesawat Boeing pada 2024 (Bloomberg Technoz/Asfahan)
Infografis Daftar Insiden Pesawat Boeing pada 2024 (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Alan Levin - Bloomberg News

Bloomberg, Boeing Co perlu mengalihkan fokusnya dari bisnis pembuatan pesawat ke arah keselamatan setelah adanya temuan baru-baru ini tentang penyimpangan seputar kegagalan panel badan pesawat pada Januari, kata regulator penerbangan AS.

Kepala Federal Aviation Administration (FAA) Michael Whitaker mengatakan kepada NBC Nightly News bahwa kesannya dari kunjungannya baru-baru ini ke fasilitas pabrik adalah bahwa "ada masalah seputar budaya keselamatan di Boeing," menurut kutipan wawancara yang dirilis oleh jaringan televisi tersebut.

"Prioritas mereka adalah pada produksi, dan bukan pada keselamatan dan kualitas," kata Whitaker dalam wawancara yang dijadwalkan tayang pada Selasa malam. "Apa yang menjadi fokus kami saat ini adalah mengalihkan fokus tersebut, dari produksi ke keselamatan dan kualitas."

Kekhawatiran tersebut dipicu oleh kegagalan panel yang menutupi pintu yang tidak terpakai pada 5 Januari lalu dalam penerbangan Alaska Airlines 737 Max 9 di dekat Portland, Oregon. Kegagalan tersebut memicu dekompresi eksplosif dan pendaratan darurat.