Logo Bloomberg Technoz

Pada jam-jam terakhir, pimpinan Nvidia Corp Jensen Huang memamerkan cip baru yang bertujuan untuk memperluas dominasi perusahaannya dalam komputasi AI.

"Investor tidak boleh melupakan area-area yang terus mendorong sebagian besar keuntungan perusahaan," kata Anthony Saglimbene di Ameriprise. "Pertumbuhan laba yang terkait dengan Big Tech saat ini sangat kontras dengan perusahaan-perusahaan yang tidak menguntungkan yang mendorong kecelakaan teknologi pada pergantian abad."

Sementara itu, imbal hasil obligasi AS bertenor dua tahun berada di dekat level tertinggi 2024 karena ekspektasi penurunan suku bunga Federal Reserve terus terkikis.

Sekitar 90% pengamat Bank of Japan melihat peluang pihak berwenang mengakhiri suku bunga negatif pada Selasa di akhir pertemuan, dengan kenaikan suku bunga pertama dalam 17 tahun. Yen berfluktuasi setelah sebuah laporan berita bahwa BOJ juga siap untuk mengakhiri kebijakannya dalam memandu imbal hasil obligasi pemerintah--yang dikenal sebagai kontrol kurva imbal hasil.

Para pejabat bank juga mempertimbangkan untuk mengakhiri pembelian dana yang diperdagangkan di bursa dan dana investasi real estat, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini. Para pedagang yang bertaruh pada hasil BOJ meningkatkan posisi mereka dalam yen berjangka ke level tertinggi sejak 2007.

Negative policy rate (Dok: Bloomberg)

Bank sentral Australia juga akan mengumumkan kebijakan suku bunganya pada Selasa dan secara luas diperkirakan akan mempertahankan suku bunga di level tertinggi 12 tahun, dengan ekonomi menunjukkan tanda-tanda perlambatan lebih lanjut, sementara tren pengangguran meningkat.

Para investor di Asia akan mengamati China, di mana regulator sekuritas utama mengatakan bahwa pengembang yang gagal bayar di jantung krisis real estat di negara ini telah menggelembungkan pendapatan lebih dari US$78 miliar dalam dua tahun sebelum kegagalannya. China Evergrande Group dan utangnya yang sangat besar telah menjadi simbol ekonomi negara yang gagap, terutama di sektor properti dan konstruksi.

Kembali ke AS, Wall Street bersiap-siap untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai keputusan The Fed untuk melonggarkan karena bank sentral menetapkan kebijakan untuk hampir separuh dari ekonomi global. Minggu ini menampilkan aglomerasi keputusan terbesar di dunia untuk tahun 2024 hingga saat ini, termasuk penilaian biaya pinjaman untuk enam dari 10 mata uang yang paling banyak diperdagangkan.

"Ini adalah minggu yang penuh dengan pertemuan bank sentral," kata Win Thin dan Elias Haddad di Brown Brothers Harriman. "Pasti akan ada beberapa kejutan dan ketenangan hari ini kemungkinan besar akan memberi jalan bagi volatilitas yang lebih besar di masa depan."

Stock rally defies (Dok: Bloomberg)

Para ekonom Goldman Sachs Group Inc yang dipimpin oleh Jan Hatzius mengubah perkiraan mereka menjadi tiga kali pemangkasan suku bunga acuan tahun ini--bukan empat kali. Perubahan tersebut, yang membuat perkiraan sejalan dengan perkiraan median para pembuat kebijakan yang dibuat pada Desember, "terutama karena jalur inflasi yang sedikit lebih tinggi," kata mereka.

"Setelah data inflasi yang sangat tinggi minggu lalu, semua orang akan bertanya-tanya apakah the Fed memikirkan kembali pemangkasan di Juni," kata Chris Larkin di E*Trade dari Morgan Stanley. "Pasar harus menyukai apa yang dilihatnya dalam pernyataan The Fed pada Rabu, dan mendapatkan konfirmasi dari Jerome Powell bahwa angka inflasi yang tinggi selama dua bulan tidak akan menggagalkan rencana permainan The Fed."

Traders pare rate-cut expectations (Dok: Bloomberg)

Para investor akan sangat fokus pada proyeksi bank sentral AS--dot plot--untuk mengukur berapa banyak penurunan suku bunga yang diharapkan oleh para pembuat kebijakan tahun ini.

Menurut Krishna Guha di Evercore, the Fed akan mempertegas nada bicaranya menyusul laporan inflasi yang lebih panas--namun akan terus menunjuk pada kasus dasar yang ramah pasar, yaitu tiga kali pemangkasan suku bunga pada tahun ini yang dimulai pada Juni.

"Kami rasa dia akan mengatakan bahwa Komite akan bersabar dan mengambil waktu selama yang dibutuhkan untuk mengumpulkan kepercayaan diri yang cukup--menggarisbawahi bahwa Juni tidak dijamin dan The Fed akan menunda hingga Juli/September jika perlu, kata Guha.

Wall Street akan mendengarkan dengan seksama setiap tanda dari Powell mengenai penghentian pengetatan kuantitatif, yang dikenal sebagai QT. Sementara beberapa pihak memperkirakan the Fed akan mengumumkan atau bahkan mulai memperlambat pelonggaran neraca keuangannya pada awal Mei, pihak lain tidak melihat adanya tapering hingga paruh kedua tahun ini.

Di pasar lain, emas sedikit lebih tinggi dan berada dalam jarak dekat dengan rekor baru, sementara minyak naik ke level tertinggi empat bulan karena serangan pesawat tak berawak Ukraina terhadap kilang-kilang minyak Rusia meningkatkan risiko geopolitik.

(bbn)

No more pages