Logo Bloomberg Technoz

Alokasi Anggaran Subsidi Pupuk Naik Jadi Rp54 Triliun pada 2024

Sultan Ibnu Affan
19 March 2024 05:50

Petani menanam benih semangka di bekas sawah di Subang, Jawa Barat, Sabtu (29/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Petani menanam benih semangka di bekas sawah di Subang, Jawa Barat, Sabtu (29/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pupuk Indonesia (Persero) menyebut bahwa alokasi anggaran subsidi pupuk tahun ini bertambah menjadi Rp54 triliun dari yang semula diusulkan sebesar Rp 26,6 triliun.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmat Pribadi mengatakan penambahan anggaran tersebut berbanding lurus dengan titah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin menambah volume besaran subsidi pupuk menjadi 9,55 juta ton dari yang semula sebanyak 4,7 juta ton.

"Kami sangat intensif melakukan koordinasi, dari anggaran Rp26,6 triliun ini akan ditambah menjadi Rp54 triliun, tambahannya sedang diproses di Kementerian Keuangan," ujar Rahmad di Jakarta, Senin (18/3/2024).

Rahmad mengatakan, menjelang akhir pekan lalu, beberapa pimpinan kementerian  pun telah melakukan rapat di Kementerian Pertanian (Kementan), yang dipimpin oleh Menteri Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto untuk membahas tambahan alokasi anggaran tersebut.

Setelah rapat itu, kata Rahmad, pada pekan ini pemerintah juga akan menindaklanjuti rencana tersebut melalui rapat koordinasi terbatas (rakortas).