Logo Bloomberg Technoz

JATAM Rilis Donatur Pilpres 2019, Klaim Ada Perusahaan Bahlil

Dovana Hasiana
18 March 2024 19:50

Petugas mengangkat logistik pemilu ke mobil di GOR Cempaka Putih, Jakarta, Selasa (13/2/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Petugas mengangkat logistik pemilu ke mobil di GOR Cempaka Putih, Jakarta, Selasa (13/2/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) mencatat terdapat 20 perusahaan donor dana kampanye terbesar pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, dua diantaranya memiliki afiliasi dengan Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Adapun, aliran dana dari kedua perusahaan tersebut ditujukan kepada pasangan calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01 kala itu, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin. 

Koordinator JATAM Melky Nahar mengatakan bahwa perusahaan tersebut di antaranya adalah PT Cendrawasih Artha Teknologi dan PT Tribashra Sukses Abadi. Masing-masing menyumbangkan Rp25 miliar dan Rp5,2 miliar kepada Jokowi-Ma’ruf.

Kedua perusahaan itu menempati posisi ke-2 dan ke-13 sebagai perusahaan yang menyalurkan dana untuk kampanye Pemilu 2019 terbesar. 

“Menariknya, dua perusahaan itu setelah ditelusuri data Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) termasuk laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK) tim kemenangan Jokowi Ma'ruf, keduanya masuk 20 besar perusahaan penyumbang dana kampanye Pemilu 2019 untuk pasangan Jokowi Ma’ruf,” ujar Melky dalam konferensi pers secara virtual, Senin (18/3/2024).