Logo Bloomberg Technoz

Modus Baru File APK, Undangan Buka Puasa Hingga Link Sedekah

Redaksi
18 March 2024 17:30

Ilustrasi Serangan Hacker. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Serangan Hacker. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia membeberkan tindak modus penyebaran file APK baru, yang jika diklik berpotensi dapat menguras data pribadi dan dana di akun perbankan Anda. Kenali, jangan asal klik. 

Berbagai  faktor penarik diciptakan para penjahat, dengan sasaran para pengguna yang tidak teliti dalam memberikan izin sebuah aplikasi untuk di-install. Ciri file Afk yang telah tersimpan kerap kali tidak melakukan aktivitas apapun. Namun ada sistem operasi di ponsel Anda, Apk yang telah ter-install, file sedang menyusup setiap folder, mengorek database cara detail.

Data pribadi yang didapat kemudian mereka gunakan untuk bertransaksi.  Penjahat juga bisa bertindak seolah-olah nasabah dan melakukan penarikan atau pengiriman dana dengan otorisasi penuh.

Undangan Buka Puasa Bersama 

Penipu kini kerap membagikan link yang seolah adalah undangan bukber dari institusi organisasi atau komunitas.  Penting untuk tetap update modus penipuan agar data digital bank aman dari serangan APK.

File Minta Maaf

Oknum penipu dan penyebar file APK kini mengirimkan link yang mengatasnamakan orang yang ingin meminta maaf atas kesalahannya dalam rangka menyambut Ramadan dan Idul Fitri. Patut Anda camkan bahwa jika terlanjur klik file .apk, potensi data nasabah yang bersifat pribadi akan diambil penipu.

Penawaran Zakat dan Sedekah