Logo Bloomberg Technoz

Kulit Leher Hitam - Kaki Bengkok Tanda Anak Terkena Obesitas

Dinda Decembria
14 March 2024 19:40

Ilustrasi obesitas. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi obesitas. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Obesitas pada anak merupakan salah satu masalah kesehatan yang menjadi perhatian di Indonesia yang dapat berdampak pada anak-anak dan remaja. 

Lalu bagaimana cara mengenal ciri-ciri obesitas pada anak? Dokter spesialis anak konsultan endokrinologi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof. Aman Pulungan mengatakan untuk mengenali ciri-cirinya tak mudah kalau hanya dilihat dari gejala klinis.

"Kecuali dia sudah beratkan, ada gejala yang dikeluhkan, tapi awal harus deteksi dini dengan kurva pertumbuhan. Jadi, kurva itu bisa dari kurva berat badan petinggi badan, tapi paling bagus definisinya dengan indeks massa tubuh sendiri, jadinya di atas 85% itu kita katakan overweight, di atas 95%, itu kita katakan dia obesitas," kata Aman dalam Instagram Kementerian Kesehatan.

Prof Aman menyebutkan dalam perjalanan seorang anak yang memiliki gejala obesitas akan menunjukkan Acanthosis Nigricans (AN). 

"AN didefinisikan suatu kelainan kulit berupa penebalan dan kehitaman pada kulit pada leher dan lipatan kulit," jelasnya.