Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Dibuka Stabil Jelang Rilis Penjualan Ritel Hari Ini

Tim Riset Bloomberg Technoz
14 March 2024 09:20

Karyawan merapihkan uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan merapihkan uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah dibuka stabil, sedikit turun dalam perdagangan di pasar spot hari ini, Kamis (14/3/2024) ke kisaran Rp15.581/US$, sejalan dengan pergerakan mata uang Asia yang melemah pagi ini.

Won Korea menjadi valuta Asia yang paling melemah pagi ini 0,16%, disusul oleh dolar Taiwan 0,13%. Sementara mata uang ASEAN pelemahannya cenderung terbatas dipimpin oleh baht Thailand yang melemah 0,07% dan dong Vietnam 0,06%.

Rupiah terbebani sentimen pasar global jelang rilis data inflasi harga produsen Amerika (PPI) nanti malam. Dari dalam negeri, pelaku pasar menanti publikasi data penjualan ritel setelah kemarin mempublikasikan hasil survei konsumen.

Survei konsumen Februari memberi peringatan lebih jelas bahwa kondisi keuangan masyarakat Indonesia saat ini tengah memburuk ke level terendah dua tahun sehingga mengikis tingkat keyakinan konsumen.

Pada bulan pertama tahun ini, penjualan ritel masih tumbuh 3,7% secara tahunan, akan tetapi tumbuh negatif (terkontraksi) secara bulanan sebesar 1%.

Artikel Terkait