Logo Bloomberg Technoz

Departemen Energi AS mengatakan tidak akan memberi komentar terkait permintaan pinjaman yang dianggap sebagai informasi rahasia bisnis. Lithium Americas juga tidak segera menjawab permintaan komentar atas hal ini. 

Kantor Pinjaman Program memiliki dana sebesar US$400 miliar untuk dimanfaatkan setelah mendapat suntikan dana tunai dari UU iklim yang diberlakukan oleh Presiden Joe Biden. 

Tahun lalu, kantor ini memberi komitmen bersyarat bernilai hingga US$700 juta untuk Ryholite Ridge Lithium-Boron Project milik Ioneer Ltd yang merupakan calon kuat pemasok untuk Ford Motor Co dan Toyota Motor Corp. 

Permintaan akan litium yang juga digunakan untuk menyimpan listrik dan senjata, pada 2030 diperkirakan akan melampau produksi saat ini. 

Sekitar 65% mineral penting diproses di China, meski produksi litium di AS diperkirakan akan meningkat 13 kali akibat insentif pajak dan subsidi lain yang diatur dalam UU Pengurangan Inflasi (IRA) yang diterbitkan tahun 2022. 

Hal ini dikemukakan oleh Menteri Energi Jennifer Granholm pada hari Rabu (13/3/2024). 

"Kami sedang berjuang keras untuk mengembalikan semua rantai pasok ke Amerika Serika atau sekutu kami," ujar Granholm dalam konferensi yang diadakan oleh SAFE.

(bbn)

No more pages