Logo Bloomberg Technoz

Pempek Masuk 100 Hidangan Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas

Dinda Decembria
13 March 2024 15:10

Ilustrasi Pempek (Envato/ikadapurhangus)
Ilustrasi Pempek (Envato/ikadapurhangus)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kuliner Indonesia selalu memiliki ruang sendiri bagi masyarakat dunia. Buktinya, makanan Pempek berhasil masuk dalam 100 hidangan terbaik di dunia 2023/2024 versi TasteAtlas.

Kuliner khas Palembang tersebut menempat di peringkat ke-13. TasteAtlas pun memberikan nilai rating makanan dengan santapan kuah cuko ini 4,64/500. 

Hidangan dengan kandungan ikan belida itu mengungguli deretan lain seperti hidangan banh mi thit dari Vietnam yang menduduki posisi peringkat ke-14 dan tom kha gai dari Thailand posisi peringkat ke-15.

Tasteatlas menilai pempek adalah kue ikan khas Indonesia yang dibuat dengan campuran daging giling ikan dan tepung tapioka. Pempek biasanya disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil dan di atasnya diberi cuko, saus tajam dan manis yang terbuat dari gula palem, cabai, bawang putih, cuka, dan garam. 

Saus ini menambah cita rasa pada kue ikan dengan rasa manis, asam, dan pedasnya. Selain sausnya, mie dan mentimun potong dadu juga ditambahkan, membuat hidangannya lebih kaya dan mengenyangkan.