Logo Bloomberg Technoz

Rekapitulasi Nasional: Anies-Muhaimin Kalah Tipis di Jakarta

Redaksi
12 March 2024 17:50

Tugu Monas dan suasana Kota Jakarta. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Tugu Monas dan suasana Kota Jakarta. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasangan calon nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar gagal meraih kemenangan di wilayah DKI Jakarta dan Luar Negeri. Berdasarkan hasil rekapitulasi nasional, Anies kalah tipis dari paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sebelumnya, tim sukses dan paslon 01 cukup percaya diri bisa menguasai wilayah ibu kota. Mereka mengandalkan popularitas Anies yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2017-2022.

Berdasarkan hasil yang diketok Komisi Pemilihan Umum (KPU), Anies-Muhaimin memang mengantongi dukungan yang cukup tinggi yaitu 2.653.762 suara. Akan tetapi mereka harus puas berada di posisi kedua karena kalah tipis sekitar 39 ribu suara.

Paslon Prabowo-Gibran lebih unggul karena mengumpulkan dukungan 2.692.011 suara.

Sedangkan paslon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud mD tertinggal jauh pada posisi terakhir. Mereka memang telah kehilangan efek popularitas kader PDIP dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta.

Capres no urut 1 Anies Baswedan melakukan pencoblosan Pemilu 2024 di TPS 60, Lebak Bulus, Jakarta (14/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)