Logo Bloomberg Technoz

Erina Masuk Bursa Calon Bupati, Pengamat: Wujud Dinasti Politik

Muhammad Fikri
11 March 2024 17:45

Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep dan menantu Presiden Joko Widodo (Dok: Instagram/@Erinagudono)
Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep dan menantu Presiden Joko Widodo (Dok: Instagram/@Erinagudono)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono masuk bursa calon Bupati Kabupaten Sleman. Jika terjadi hal tersebut dianggap wujud konfirmasi politik dinasti yang sedang dibangun oleh Jokowi.

“Bisa jadi kan [politik dinasti] ada Kakak Iparnya [Gibran-jika memenangkan Pilpres 2024] baik itu di tingkat pusat, lalu di tingkat Walikota Medan [Boby-Walikota Medan] ya, di daerah lain sudah dieksekusi, sehingga kemudian ini mengkonfirmasi terjadinya politik dinasti gitu” kata Pengamat politik UI Cecep Hidaya, saat dihubungi Bloomberg Technoz, Senin (11/3/2024).

Cecep juga mengatakan bahwa saat ini Jokowi sedang melakukan ekspansi atau perluasan kekuasaan jika benar Erina Gudono akan mencalonkan sebagai calon walikota Kabupaten Sleman pada Pilkada 2024.

“Ketika terjadi ada kekuasaan dan kekuasaan itu berusaha ekspansif, berusaha diperluas pemegang kekuasaan dalam hal ini Jokowi ingin memperluas kekuasaannya tentu saja dengan masuknya Gibran [cawapres] kemudian masuknya Walikota Medan [Boby] ya Kemudian nanti kalaupun ke depannya Jadi misalnya istrinya Kaesang [Erina] atau Kaesang itu sendiri Itu berarti mengkonfirmasi terjadi politik dinasti.” kata Cecep.

Selanjutnya, Cecep mengatakan untuk sebagai calon kepala daerah harus memenuhi kualifikasi yang tepat, diantaranya harus memiliki sepak terjang di isu-isu publik.