Logo Bloomberg Technoz

Komentar Mester menggemakan komentar yang ia buat minggu lalu, ketika ia menambahkan bahwa tiga kali penurunan suku bunga kemungkinan akan sesuai tahun ini. Rekan-rekannya telah membuat pernyataan serupa baru-baru ini.

Gubernur Fed Jerome Powell mengatakan dalam kesaksian kongres pada Kamis bahwa bank sentral kemungkinan akan menurunkan suku bunga pada suatu saat di tahun ini, tetapi para pembuat kebijakan masih perlu melihat lebih banyak bukti bahwa inflasi berada di jalur yang berkelanjutan menuju target 2%.  

'Kesalahan yang lebih besar'

Para pejabat the Fed akan berfokus tahun ini untuk mengelola risiko antara mempertahankan suku bunga di level tinggi terlalu lama, sehingga berisiko menimbulkan rasa sakit di pasar tenaga kerja, dan memotong suku bunga terlalu cepat dan memacu kenaikan inflasi, kata Mester.

"Namun pada saat ini, saya rasa kesalahan yang lebih besar adalah menurunkan suku bunga terlalu cepat atau terlalu cepat tanpa bukti yang cukup bahwa inflasi berada di jalur yang berkelanjutan dan tepat waktu untuk kembali ke 2%," ujarnya.

Berbicara di CNBC nanti, Mester mengatakan dia ingin melihat "beberapa poin data lagi" yang menunjukkan bahwa inflasi terus bergerak turun.

Mester mengatakan para pembuat kebijakan perlu berhati-hati dalam mengasumsikan bahwa inflasi akan turun secepat tahun lalu, ketika pengukur inflasi pilihan Fed bergerak dari 5,5% di Januari menjadi 2,6% di Desember. Laporan inflasi untuk Januari menunjukkan sedikit kenaikan harga bulanan, dengan indeks pengeluaran konsumsi pribadi inti naik 0,4% dari Desember, laju tercepat dalam satu tahun. 

Meredanya tekanan rantai pasokan dan pasar tenaga kerja yang lebih seimbang kemungkinan berkontribusi pada penurunan yang cepat tahun lalu, Mester menambahkan, dan mungkin tidak memberikan banyak bantuan tahun ini.

"Meskipun begitu, saya memperkirakan inflasi akan terus bergerak turun dari waktu ke waktu menuju target 2% kami, bahkan jika inflasi terbukti agak lebih bertahan tahun ini dibandingkan tahun lalu," katanya.

Jika inflasi terhenti, the Fed dapat mempertahankan suku bunga pada tingkat yang ketat untuk waktu yang lebih lama, kata Mester.

Mester mencatat bahwa produktivitas mungkin lebih tinggi karena bisnis berinvestasi dalam teknologi seperti AI untuk menjadi lebih efisien. Hal ini mungkin membuatnya merevisi lebih tinggi perkiraannya untuk suku bunga federal fund jangka panjang, meskipun ia belum mengambil keputusan. Para pembuat kebijakan akan mempublikasikan serangkaian proyeksi baru pada pertemuan 19-20 Maret.

Mester berusia 65 tahun, usia pensiun wajib bagi gubernur bank sentral, dan akan mengundurkan diri pada Juni.

(bbn)

No more pages