Logo Bloomberg Technoz

CEO Citi Klaim Reorganisasi Berjalan Lebih Cepat Dari Perkiraan

News
06 March 2024 06:00

Ilustrasi Citigroup atau Citi. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Citigroup atau Citi. (Dok: Bloomberg)

Todd Gillespie - Bloomberg News 

Bloomberg, Chief Executive Officer (CEO) Citigroup Inc Jane Fraser mengatakan reorganisasi Citigroup Inc. yang bertujuan untuk efisiensi perusahaan, dan membuatnya lebih kompetitif dengan perusahaan sejenis, telah berjalan lebih cepat dari yang diharapkan. Hal ini disampaikan saat ia menetapkan panduan positif untuk tahun depan.

“Kami tidak akan melakukan kesalahan seperti yang kami lakukan di masa lalu,” katanya pada Konferensi Lembaga Keuangan Global Pasar Modal RBC di New York pada hari Selasa, di mana ia juga menegaskan kembali panduan pengeluaran bank untuk tahun depan. “Kami sedang menyelesaikan ini.”

Fraser berada di bawah pengawasan ketat setelah memulai apa yang disebut-sebut sebagai restrukturisasi Citigroup terbesar dalam beberapa dekade, yang dirancang untuk mendorong perusahaan tersebut dari underdog perbankan menjadi perusahaan yang mampu bersaing dengan perusahaan sejenis yang lebih menguntungkan. Bank tersebut mengatakan akan memangkas 20.000 staf dalam upayanya untuk meningkatkan keuntungan.

Dengan langkah ini, perusahaan yang berbasis di New York ini telah beralih fokus pada lima bisnis utama: perdagangan, perbankan, jasa, manajemen kekayaan, dan penawaran konsumen AS. Reorganisasi ini menyederhanakan struktur bank dan, dengan jalur pelaporan yang lebih jelas, berarti “tidak ada tempat untuk bersembunyi” bagi siapa pun dalam hal akuntabilitas – termasuk Fraser sendiri, katanya.