Logo Bloomberg Technoz

20 ABK RI Selamat dari Kecelakaan Kapal Penangkap Ikan di Jepang

Pramesti Regita Cindy
05 March 2024 20:00

Ilustrasi kapal penangkap ikan. (Veejay Villafranca/Bloomberg)
Ilustrasi kapal penangkap ikan. (Veejay Villafranca/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kedutaan Besar RI (KBRI) di Tokyo menerima informasi dari Japan Coast Guard (JCG) bahwa sebuah kapal Kepala Penangkap Ikan Tuna kandas di kepulauan Jepang dengan sekitar 20 orang warga negara Indonesia (WNI) menjadi anak buah kapal (ABK).

Kapal Fukuei-maru nomor 8 tersebut kandas di Kepulauan Izu, Tokyo, Jepang pada 3 Maret 2024. Kapal berlayar dari Pelauhan Kagoshima di Prefektur Kagoshima dengan jumlah total kru 25 orang. Seluruh WNI selamat dan saat ini telah dievakuasi.

"Terdiri atas 1 kapten, 2 orang officer serta 22 ABK. Dari ke-25 orang tersebut, 20 di antaranya merupakan WNI," ungkap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Lalu Muhammad Iqbal dalam pernyataan resmi.

"Seluruh WNI/ABK selamat dan telah dievakuasi menggunakan helikopter JCG Shimoda ke RS terdekat di Kozushima, Tokyo. Satu orang luka, namun sudah dalam perawatan," lanjutnya.

Lalu mengatakan pihak KBRI sudah berkoordinasi dengan agensi pengirim para ABK serta JCG Shimoda untuk langkah-langkah ke depan.