Logo Bloomberg Technoz

Bursa Tokyo Rekor, Indeks Nikkei 225 Tembus ke Level 40.000

News
04 March 2024 15:10

Bursa Jepang, pasar saham Asia. (dok Kiyoshi Ota/Bloomberg)
Bursa Jepang, pasar saham Asia. (dok Kiyoshi Ota/Bloomberg)

Aya Wagatsuma dan Winnie Hsu - Bloomberg News

Bloomberg, Indeks saham acuan bluechip Jepang, Nikkei 225 Stock Average, melampaui level psikologis 40.000 untuk pertama kalinya, membuka pintu untuk kenaikan lebih lanjut dalam reli bersejarahnya.

Indeks acuan bursa saham Tokyo ini naik tajam hingga 1% ke level 40.314,64, yang merupakan rekor intraday baru. Saham teknologi, yang telah mendorong kenaikan ekuitas selama setahun terakhir, memimpin kenaikan, dengan Advantest Corp menjadi salah satu perusahaan dengan kinerja terbaik.

Investor domestik turut mendorong kenaikan pada Senin (04/03/2024) karena mereka bergabung dengan dana global yang telah menjadi pendorong utama reli ini. Pialang online terbesar Jepang, SBI Securities Co, mengatakan aplikasi perdagangan sahamnya sempat macet karena banyaknya pelanggan yang mencoba masuk.

“Level 40.000 untuk Nikkei 225 tentu saja merupakan level psikologis utama, yang dapat memicu resistensi untuk indeks dan membawa volatilitas,” kata Charu Chanana, ahli strategi di Saxo Capital Markets yang berbasis di Singapura.