Logo Bloomberg Technoz

Ringgit Malaysia Balik Arah, Kinerja Mata Uang Terbaik di Asia

News
04 March 2024 13:00

Ringgit Malaysia. (Brent Lewin/Bloomberg)
Ringgit Malaysia. (Brent Lewin/Bloomberg)

Matthew Burgess - Bloomberg News

Bloomberg, Ringgit Malaysia menguat ke level tertinggi dalam satu bulan setelah pemerintah negeri Jiran tersebut meningkatkan koordinasi dengan perusahaan milik negara untuk mengangkat mata uang tersebut dari level terendah 26 tahun.

Mata uang ini naik hingga 0,6% menjadi 4,7185 per dolar dalam perdagangan awal Asia, level terkuatnya sejak 2 Februari. Ringgit menjadi mata uang dengan performa terbaik di Asia dalam seminggu terakhir.

Para pembuat kebijakan berupaya mendorong lebih banyak aliran masuk ke pasar dengan mendesak perusahaan milik negara untuk merepatriasi pendapatan investasi asing dan mengonversinya menjadi ringgit secara lebih konsisten. Menurut pernyataan pada Jumat (1/3), Bank sentral Malaysia atau Bank Negara Malaysia (BNM) akan meningkatkan keterlibatannya dengan perusahaan dan investor untuk lebih mendorong konversi dan meningkatkan sentimen terhadap ringgit.

"Langkah konversi ke ringgit mungkin telah membantu" mata uang ini dalam perdagangan awal, kata Saktiandi Supaat, kepala riset valuta asing di Malayan Banking Bhd di Singapura.