Logo Bloomberg Technoz

Kritik Pedas Anies soal Kabinet Bahas dan Simulasi Makan Siang

Muhammad Fikri
03 March 2024 20:36

Anies Baswedan (Azura Yumna / Bloomberg Technoz)
Anies Baswedan (Azura Yumna / Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden Nomor urut 01 Anies Baswedan mempertanyakan dasar  pemerintah mulai membahas program makan siang gratis, yang diketahui jadi program kerja Prabowo-Gibran.

Menurutnya, sampai saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih belum memutuskan siapa yang memenangkan Pilpres tahun 2024, bahkan masih belu, rampung melakukan rekapitulasi suara.

"Pemerintah mulai membuka diri kepada pemenang setelah KPU menetapkan, sebelum KPU menetapkan, pertanyaannya dasar hukumnya apa? ketika pemerintah merapatkan rencana sebuah paslon, dasar hukumnya apa? Negara itu kan bergerak menurut aturan hukum kan?" ucap Anies pada wartawan di Kampung Akuarium Jakarta, Minggu (3/3/2024).

Anies mengatakan bahwa tindakan pemerintah dalam menfasilitasi program pemenang Pilpres 2024 merupakan hal yang baik, karena itu merupakan jaminan keterbukaan pemerintah bahwa terdapat program tersebut di APBN.

Anies mengkritik simulasi program makan siang gratis yang beberapa waktu dilakukan di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang. Menurutnya, hal tersebut seharusnya dilakukan oleh paslon, bukan oleh aparat negara, karena sampai saat ini KPU masih belum menetapkan pemenang dari Pilpres 2024.