Logo Bloomberg Technoz

Airlangga Buka Opsi Anggaran Makan Siang Gratis dari Dana BOS

Azura Yumna Ramadani Purnama
01 March 2024 18:05

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menunjau simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menunjau simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah membuka peluang menjalankan program makan siang gratis pada 2025 menggunakan anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini anggaran dan rincian pelaksanaan makan siang gratis masih belum ditetapkan. Menurut dia, dana BOS bisa menjadi salah satu opsi pendanaan program yang diusung calon presiden Prabowo Subianto tersebut.

“Karena model untuk SD dan SMP kita relatif punya sistem, punya pipeline anggaran, salah satunya melalui BOS, secara spesifik itu bisa dibuat,” ujarnya saat meninjau simulasi makan siang gratis, di Tangerang, Kamis (29/2/2024).

Dalam kesempatan itu, ia juga mengungkapkan, bahwa pihaknya sedang belanja masalah untuk program makan siang gratis. Selain itu, simulasi yang dilakukan untuk pertama kali ini merupakan langkah awal dari simulasi-simulasi yang akan dilakukan nantinya.

“Ini memang kita lagi belanja masalah, sehingga dengan demikian bisa piloting program besar supaya bisa diimplementasikan secara baik, dan kita punya waktu yang panjang untuk melakukan piloting tersebut,” kata dia.