Logo Bloomberg Technoz

KA Pangrango Beroperasi Lagi Usai Dihentikan Pasca Longsor

Ezra Sihite
16 March 2023 12:12

Jalur rel KA Pangrango Bogor-Sukabumi longsor (Dok DJKA Kemenhub)
Jalur rel KA Pangrango Bogor-Sukabumi longsor (Dok DJKA Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setelah sempat dihentikan, perjalanan KA Pangrango kembali beroperasi pada Kamis (16/3/2023) pascalongsor yang terjadi di jalur kereta Bogor-Sukabumi. Perbaikan jalur KA yang terdampak longsor antara Bogor Paledang-Batu Tulis sudah dilakukan tim prasarana PT KAI Daop 1 bersama Ditjen KA Kemenhub.

"KA Pangrango kembali beroperasi melayani penumpang," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa sebagaimana keterangan resmi pada Kamis (16/3/2023).

Pascalongsor kata dia, sudah dilakukan pekerjaan penguatan konstruksi jalan rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak. Kemudian dilakukan uji coba dengan menjalankan lokomotif melewati lokasi beberapa kali sejak Kamis dini hari hingga kemudian dinyatakan aman untuk dilewati.

Pada hari ini, dari 6 perjalanan KA yang normal beroperasi setiap hari hanya 1 KA yang dibatalkan yaitu KA 213 relasi Sukabumi-Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB. Sementara 5 perjalanan KA Pangrango lainnya dapat beroperasi melayani penumpang. 

Daftar 5 KA Pangrango yang beroperasi melayani penumpang pada Kamis 16 Maret 2023 :