Logo Bloomberg Technoz

Pantau Banjir di Jakarta Lewat Ponsel, Berikut Daftar Aplikasinya

Redaksi
29 February 2024 10:38

Ilustasi warga beraktivitas saat banjir melanda kawasan Cipinang Melayu. Jakarta, akhir Januari 2024. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustasi warga beraktivitas saat banjir melanda kawasan Cipinang Melayu. Jakarta, akhir Januari 2024. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah titik di wilayah Jakarta, mulai dari Pulogadung, Sunter, hingga sekitar Johor Baru, tergenang banjir pada Kamis (29/2/2024) pagi. Untuk mengetahui kondisi terkini potensi titik banjir baru, Anda bisa mengetahuinya lewat HP Ponsel.

Sudah banyak aplikasi pemantau banjir yang bisa diunduh dan menjadi panduan Anda. Mengetahui kondisi banjir dapat mengurangi risiko Anda terjebak pada ruas jalan yang terlanjur padat efek genangan.

Aplikasi pemantau banjir yang wajib Anda punya

Sistem Peringatan Dini Banjir

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk memantau tinggi air sungai yang berada di Jakarta. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur memantau prakiraan cuaca sekitar Jabodetabek. Ini merupakan aplikasi resmi dari BMKG. Aplikasi Sistem Peringatan Dini Banjir juga memiliki fitur pantauan langsung CCTV pada pintu air dan memberikan fitur pemberitahuan terkait status siaga.

Petabencana.id

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memiliki aplikasi tersendiri terkait banjir dan bencana lainnya. Tujuan pengembangan aplikasi adalah untuk mendorong masyarakat bersiap menghadapi bencana. Platform ini bersifat terbuka, memberikan informasi bencana secara real-time secara gratis, dan memiliki komunikasi yang transparan antara masyarakat dan instansi pemerintah. Petabencana.id merupakan aplikasi yang dibuat oleh BNPB bersama dengan Yayasan Peta Bencana.

Google Maps

Aplikasi ini paling umum diketahui masyarakat luas. Tidak hanya memaparkan informasi terkini lalu lintas dan kepadatan arus, Google Maps juga menyediakan fitur deteksi area banjir. Aplikasi ini dapat memberikan Anda pemberitahuan berupa peringatan pembaruan dan informasi keamanan yang berhubungan dengan banjir.

Pantau Banjir Jakarta