Logo Bloomberg Technoz

"Data memperlihatkan milisi China masih aktif seperti biasa," tulis laporan itu. "Belum jelas alasan peningkatan yang tidak biasa dibanding tahun lalu ketika hanya ada 37 kapal di Mischief."

Badan yang merupakan bagian dari Pusat Studi Strategis dan Internasional, CSIS, ini mendefinisikan milisi maritim China sebagai "armada kapal laut yang berkedok sebagak kapal penangkap ikan komersial. Akan tetapi sebenarnya mereka beroperasi bersama dengan penegak hukum dan militer China untuk mencapai tujuan politik di perairan yang dipersengketakan."

Batu karang Mischief, terletak di dalam zona ekonomi eksklusif Filipina, dikuasai China selama hampir tiga dekade. Manila menuduh Beijing memanfaatkannya sebagai "pulau buatan untuk keperluan militer."

Manila pun mendirikan markas militer di daerah laut dangkal Second Thomas berupa kapal perang yang ditenggelamkan pada 1999. 

Tahun lalu, kapal bernama BRP Sierra Madre itu menjadi pusat ketegangan baru antara Filipina dan China. Terjadi insiden penembakan air dengan canon dan hampir bertabrakan dengan kapal China ketika Filipina mencoba mengirim pasokan untuk tentara yang ditempatkan di sana. 

AMTI mengatakan bahwa meski kapal-kapal milisi China yang aktif beroperasi di dengan laut dangkal Second Thomas biasanya berangkat dari batu karang Mischief, peningkatan jumlahnya pada pertengahan tahun lalu tampaknya tidak berhubungan dengan upaya mengganggu pengiriman pasok untuk tentara Filipina itu. 

Mereka menyebut bahwa kapal-kapal milisi baru yang dibuat secara profesional itu berasal dari provinsi Hainan yang "secara rutin bekerja sama dengan Pasukan Penjaga Pantai China untuk mengganggu misi Filipina mengirim pasok ek BRP Sierra Madre. 

Laporan ini mengatakan bahwa selain pengelompokan kapal milisi di Batu Karang Mischief, peningkatan jumlah kapal milisi secara konsisten terlihat juga di batu karang Hughes dan Whitsun. 

Selain itu, kehadiran milisi China juga dipertahankan di dekat basis militer China di Batu Karang Gaven, dan sekelompok kecil milisi juga terlihat di sekitar batu karang THitu dan Iroquois yang dikuasi oleh Filipina.

(bbn)

No more pages