Logo Bloomberg Technoz

Seperti diketahui, KPU mestinya melakukan pleno rekapitulasi penghitungan suara pada hari ini. Pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilpres di tingkat kecamatan sudah mencapai 74,25 persen atau sudah dilakukan di 5.403 Kecamatan. 

Seperti diketahui, pleno tingkat kecamatan dimulai dari 15 Februari hingga 2 Maret 2024. Artinya, pleno tersebut harus selesai dilakukan dalam waktu 4 hari lagi.

DKPP membenarkan telah memanggil tujuh komisioner KPU untuk duduk sebagai pihak teradu hari ini.

"DKPP menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) perkara nomor 4-PKE-DKPP/I/2024 di Ruang Sidang DKPP," kata Sekretaris DKPP David Yama dalam keterangannya.

Perkara ini diadukan oleh Rico Nurfiansyah Ali. Pengadu mendalilkan para teradu telah tidak akuntabel dan profesional karena adanya dugaan kebocoran data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2024. 

Adapun agenda sidang ini adalah untuk mendengarkan keterangan dari pengadu, teradu atau pun pihak terkait dan saksi-saksi yang dihadirkan. Yama mengatakan DKPP telah memanggil para pihak secara patut sesuai ketentuan Pasal 22 Ayat (1) Peraturan DKPP Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum. 

“Sekretariat DKPP telah memanggil semua pihak secara patut dengan menyampaikan surat pemanggilan sidang lima hari sebelum sidang pemeriksaan digelar,” ujar David. 

(ain)

No more pages