Logo Bloomberg Technoz

Anomali, Dana Keluar di ETF Grayscale Capai Rp115 T

News
27 February 2024 21:10

Grayscale Bitcoin Trust (GBTC)
Grayscale Bitcoin Trust (GBTC)

Katie Greifeld-Bloomberg News

Bloomberg, Produk investasi ETF Bitcoin Spot terbesar, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), dirundung aksi jual senilai US$7,4 miliar (sekitar Rp115 triliun) dalam sekitar 30 hari perdagangan, hingga Senin (27/2/2024).

Produk investasi dengan nilai investasi sebesar US$24,2 miliar (sekitar Rp377,5 triliun) itu mencatatkan sejarah sebagai instrumen yang tidak menguntungkan dalam satu bulan penuh berturut-turut.

Data menunjukkan, GBTC belum membukukan satu pun arus masuk sejak diubah menjadi ETF pada pertengahan Januari. Nasib lebih baik dialami sembilan ETF Bitcoin Spot lain, yang baru saja diluncurkan.

Seluruhnya mencatatkan  arus masuk bersih sejak perdagangan dimulai pada pertengahan Januari lalu. Beberapa faktor berbeda menjelaskan dikotomi ini: meskipun GBTC sejauh ini merupakan yang terbesar dan paling aktif diperdagangkan di antara ETF lainnya, biaya manajemen 1,5% (berarti bahwa ini juga merupakan penawaran yang paling mahal) dengan sebagian besar ETF lainnya mengenakan biaya di bawah 0,3%.