Logo Bloomberg Technoz

Perwakilan dari Samsonite menolak berkomentar.

Saham produsen koper, Samsonite International naik saat desas-desus diminati banyak investor. (Dok: Bloomberg)

Samsonite, yang berbasis di Mansfield, Massachusetts dan Luksemburg, berdiri sejak tahun 1910. Samsonite punya citra produk koper yang berkualitas. Perusahaan ini juga menjual koper dan aksesori perjalanan lainnya di bawah merek-merek seperti American Tourister, Tumi, dan High Sierra.

Perusahaan telah go public di Hong Kong pada tahun 2011 pada saat sejumlah produsen consumer-goods Barat, seperti L'Occitane International SA dan Prada SpA, ingin memanfaatkan pelanggan kaya di China. Namun, Samsonite belum mampu menarik minat investor di pusat keuangan Asia dan tahun lalu mempelajari kemungkinan listing kedua di AS, demikian dilaporkan Bloomberg News.

Analis Bloomberg Intelligence Catherine Lim dan Trini Tan mengatakan bahwa opsi go private Samsonite menandakan kemungkinan keuntungan yang lebih kecil untuk penjualannya di wilayah China. Selanjutnya lebih besar dibandingkan dengan pasar lain.

“Dibandingkan dengan tahun 2019, keuntungan penjualan Samsonite di China yang lebih besar selama Januari-September 2023 telah tertinggal dari keuntungan penjualan di Eropa dan Amerika Utara.”

(bbn)

No more pages