Logo Bloomberg Technoz

"Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan," ujar dia.

Dahnil turut menjelaskan bahwa gelar serupa juga diberikan kepada para pendahulunya seperti Susilo Bambang Yudhoyono, Luhut Binsar Pandjaitan, Hendropriyono, dan sejumlah tokoh lainnya.

Diberitakan sebelumnya, penganugerahan kepada Prabowo dilakukan beberapa hari usai TNI melakukan mutasi terhadap sejumlah perwira tinggi di tiga matra.

Sebanyak 38 perwira tinggi (Pati) TNI dari tiga matra baik Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) dimutasi oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto pada pekan ini. Dari jumlah tersebut, 10 di antaranya merupakan Pati TNI Bintang Satu.

Kebijakan mutasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

“Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 38 Pati (Perwira Tinggi) TNI terdiri dari 28 Pati TNI AD, 3 Pati TNI AL, dan 7 Pati TNI AU,” ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar dikutip, Minggu (25/2/2024).

(ain)

No more pages