Logo Bloomberg Technoz

Minat Lelang SUN Naik 17,3% Kala Muncul Kecemasan Defisit Fiskal

Tim Riset Bloomberg Technoz
27 February 2024 15:53

Ilustrasi Rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lelang Surat Utang Negara (SUN) yang dilangsungkan hari ini, Selasa (27/2/2024), mendapat sambutan cukup hangat dari pelaku pasar dengan nilai permintaan masuk dalam lelang naik 17,3% dibandingkan lelang sebelumnya.

Kenaikan permintaan dalam lelang SUN hari ini terjadi kendati di pasar sekunder harga surat utang tengah tertekan dan rupiah terus melemah dan aksi jual pemodal di pasar ekuitas telah menggerus indeks harga saham.

Tekanan yang terjadi di pasar domestik hari ini terutama karena para pelaku pasar mulai mencemaskan risiko defisit fiskal APBN menyusul program-program populis yang akan diusung oleh calon pemenang pilpres Prabowo Subianto.

Analis dari Maybank Singapura Saktiandi Supaat dalam catatannya menyoroti risiko pelebaran defisit fiskal karena adanya program makan siang gratis Prabowo.

"Program itu menjadi janji kampanye Prabowo dan memicu kekhawatiran terkait posisi fiskal negara. Meski begitu, Indonesia sekian tahun ini telah dikenal sebagai negara dengan pengelolaan keuangan yang berhati-hati dan kami masih meyakini bahwa stance kebijakan itu akan berlanjut untuk memastikan keberlanjutan keuangan," kata Saktiandi seperti dilansir dari Bloomberg News, hari ini.