Logo Bloomberg Technoz

BYD Usung Teknologi EV yang Bisa Jalan di Atas Air

Redaksi
27 February 2024 16:30

Yangwang U8 plug-in hybrid. (Dok: BYD)
Yangwang U8 plug-in hybrid. (Dok: BYD)

Bloomberg, Saat banyak perusahan otomotif berlomba memperkenalkan mobil listrik dengan kapasitas baterai besar —demi mendapatkan jarak tempuh terjauh satu kali pengisian—BYD Co telah memamerkan mobil listrik mewah yang dapat beroperasi di atas air.

Mobil kelas sport utility vehicle (SUV) mewah berkekuatan 1.200 tenaga kuda (Hp) bernama Yangwang U8 plug-in hybrid mampu berada di kondisi ektrem, mengapung di atas air selama 30 menit untuk seri Premium. Yangwang U8 plug-in hybrid berkekuatan 1.200 tenaga kuda (Hp) dengan kemampuan pengisian daya 110 kW. 

Pengisian daya dari 30% hingga 80% hanya membutuhkan waktu 18 menit, dalam keterangan resmi BYD, dikutip Selasa (27/2/2024). Kemampuan  vehicle-to-load (VTL) mencapai 6 kW hingga mampu menjadi pengisi daya bagi perangkat elektronik lain hingga 25 jam.

"Yangwang U8 Premium Edition mengintegrasikan 38 komponen presisi tinggi dan prosesor penggerak cerdas NVIDIA ADRIVE Orin yang tangguh, dengan kemampuan komputasi hingga 508 TOPS. Yangwang U8 Premium Edition dilengkapi dengan Blade Batteries dan dilengkapi dengan teknologi Cell-to-Chassis (CTC), memastikan keamanan perjalanan yang komprehensif," tulis BYD.

Yangwang U8 plug-in hybrid juga menyematkan kemampuan berputar 360 derajat di tempat. Yangwang U8 plug-in hybrid sejajar dengan rival seperti Mercedes-Benz G-Class dan Land Rover Defender.