Logo Bloomberg Technoz

Bisnis cabangnya – sekarang dikenal sebagai RIT Capital Partners Plc – adalah salah satu perwalian investasi terbesar di Inggris dengan aset bersih sebesar £3,5 miliar (US$4,4 miliar) per akhir November.

Bersama dengan RIT, ia ikut mendirikan manajer aset St. James’s Place Plc dan menjadi bagian dari trio yang bergabung tiga dekade lalu dalam tawaran pengambilalihan British American Tobacco Plc yang dibatalkan senilai US$21 miliar.

Rothschild juga merupakan salah satu dermawan terkemuka di Inggris. Dia memimpin dewan Galeri Nasional dan Dana Lotere Warisan Nasional.

Seorang kolektor seni terkenal, ia memulihkan Spencer House di London dan mendalangi restorasi lima tahun Waddesdon Manor, rumah pedesaan abad ke-19 di Buckinghamshire yang dibangun oleh salah satu dari banyak leluhurnya yang kaya, dari 1990 hingga 1995.

Rothschild juga mengikuti jejak anggota keluarga yang berjauhan lainnya dalam melakukan kegiatan amal di Israel. Dia adalah ketua Yad Hanadiv, yayasan keluarga, yang memberikan gedung Knesset dan Mahkamah Agung kepada negara.

Ia dianugerahi Order of Merit oleh Ratu Elizabeth II pada 2002. Perintah tersebut diberikan atas pengabdiannya di bidang seni, pembelajaran, sastra, dan sains, dan jumlahnya dibatasi hingga 24 di Inggris.

Perguruan Tinggi Eton

Nathaniel Charles Jacob Rothschild lahir pada 28 April 1936. Dididik di Eton College dan Universitas Oxford, ia menjadi mitra di N.M. Rothschild & Sons empat tahun setelah bergabung dengan bank keluarga pada 1959 dan menjalankan departemen keuangan perusahaannya.

Dia termasuk dalam generasi ketujuh dinasti perbankan yang berasal dari Mayer Amschel Rothschild, seorang pedagang koin langka yang lahir pada 1744 yang memberi nasihat kepada bangsawan Jerman mengenai keuangan mereka.

Dia mengirim putra-putranya ke kota-kota besar di Eropa untuk berbisnis dengan pemerintah yang kekurangan uang, dan Nathan Mayer Rothschild adalah orang pertama yang berkelana ke luar negeri ketika dia tiba di pantai Inggris pada akhir abad ke-18.

Nathan mendirikan bank dengan nama yang sama pada 1810 dan menjadi terkenal karena mendanai operasi militer Inggris dalam Perang Napoleon. Sekitar 150 tahun kemudian, Jacob menghadapi tentangan dalam upayanya memperluas layanan bank dari ayahnya Victor dan sepupunya Evelyn, yang mengambil alih jabatan Victor sebagai ketua N.M. Rothschild & Sons Ltd. pada 1976.

Sejak memulai debutnya di Bursa Efek London pada 1988 setelah deregulasi pasar keuangan kota tersebut, RIT telah tumbuh lebih dari 1.300%.

Rothschild mengundurkan diri sebagai ketua RIT pada  2019, meskipun putrinya, Hannah, 61, tetap menjabat di dewan direksi perusahaan investasi tersebut, di mana dia mengawasi setidaknya 10% saham yang kini bernilai lebih dari £250 juta.

(bbn)

No more pages