Logo Bloomberg Technoz

Harga Susu Formula Bayi Melonjak Bikin Merek Besar Tertekan

News
25 February 2024 08:00

Ilustrasi Susu Bubuk Bayi (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Susu Bubuk Bayi (Sumber: Bloomberg)

Dasha Afanasieva dan Katie Linsell - Bloomberg News

Bloomberg, Di antara postingan tentang popok dan kotoran bayi, forum online di Amerika Serikat (AS) seperti Mumsnet dan Reddit penuh dengan keluhan orang tua yang cemas hingga kurang tidur untuk mencari saran tentang susu formula mana yang harus dibeli. Ketika harga susu formula terus meningkat, dengan harga kebutuhan satu bulan kini mencapai sekitar £89 (Rp1,8 juta) di Inggris, tekanan terhadap perawat semakin besar.

Ketika merek-merek kelas atas bisa mengenakan harga 70% lebih mahal dibandingkan susu formula termurah, bahkan label yang lebih terjangkau pun menjadi semakin mahal. Menurut Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris, dalam dua tahun hingga musim gugur lalu, harga susu formula naik rata-rata 25%. Minggu ini, sebagai bagian dari reaksi yang lebih luas terhadap inflasi barang-barang rumah tangga yang berlebihan, regulator anti-trust mengatakan pihaknya membuka studi pasar mengenai harga formula.

Margin produsen turun selama krisis biaya hidup, dan dengan adanya prospek tindakan regulasi, setidaknya ada satu pihak yang menurunkan harga. Hal ini, pada gilirannya, telah menarik perhatian pada aspek bisnis produsen yang lebih sering diabaikan oleh konsumen, yakni semua formula pada dasarnya sama. Sebuah survei terhadap sekitar 1.000 pengguna Mumsnet menunjukkan sekitar sepertiganya tidak mengetahui bahwa, sesuai undang-undang, semua merek susu formula harus mengandung bahan inti yang sama.

"Pembuat susu formula menggunakan rasa bersalah untuk mencoba meyakinkan masyarakat bahwa produknya memiliki kandungan atau hasil yang lebih baik,” kata Amy Brown, profesor kesehatan masyarakat ibu dan anak di Swansea University. Namun, dia menambahkan, “tidak ada bukti yang menunjukkan susu formula bayi apa pun di Inggris yang Anda beli di toko memiliki hasil yang lebih baik untuk bayi.”