Logo Bloomberg Technoz

Pro-Kontra Program Makan Siang Gratis Dimasukkan ke APBN 2025

Pramesti Regita Cindy
24 February 2024 21:30

Menko Ekonomi Airlangga di Kantornya. (Dok: Azura/Bloomberg Technoz)
Menko Ekonomi Airlangga di Kantornya. (Dok: Azura/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan program makan siang dan susu gratis bagi anak sekolah, dari pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, akan masuk dalam APBN 2025.

Pemerintah, melalui kementerian atau lembaga terkait sedang melakukan penyusunan Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025, sebagai langkah awal perancangan APBN 2025.

Lantas muncul sebuah pertanyaan. Apakah langkah penyusunan program makan siang gratis ini tepat dilakukan? Terutama saat Prabowo belum resmi menjabat sebagai presiden, walaupun sudah dinyatakan unggul via quick count.

Menurut Pengamat Ekonomi Ronny P Sasmita, tidak ada masalah dalam mengakomodasi program tersebut dalam rancangan APBN 2025. 

Oleh karena itu, pemerintahan baru yang sangat berkemungkinan dipimpin oleh Prabowo-Gibran akan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pelaksanaan program tersebut. Sehingga Ronny menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintahan yang berkuasa saat ini dan pemerintahan terpilih sebagai bentuk transisi yang lancar.