Logo Bloomberg Technoz

Selandia Baru Bakal Izinkan Orang Asing Bangun Rumah Sewa

News
23 February 2024 13:30

Ilustrasi perumahan di Selandia Baru. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi perumahan di Selandia Baru. (Sumber: Bloomberg)

Ainsley Thomson dan Swati Pandey - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Keuangan Selandia Baru Nicola Willis mengatakan pemerintah berencana mengizinkan investasi asing membangun rumah sewa untuk merangsang pertumbuhan sektor properti.

Hal ini disampaikan Willis dalam wawancara dengan Bloomberg News pada Jumat (23/2) di Sydney, yang menyebutkan saat ini pemerintah sedang melakuan perubahan dan penyesuaian aturan investasi asing di Selandia Baru. Perubahan tersebut "sudah pasti" menjadi prioritas untuk diselesaikan tahun ini.

"Kami ingin lebih banyak perumahan dibangun," kata Willis. "Apa yang kami sedang pertimbangkan adalah pengecualian dalam rezim investasi luar negeri kami. Sehingga, investor yang berinvestasi dalam pembangunan rumah sewa dapat melakukannya selama mereka memenuhi persyaratan keamanan."

Pembelian properti oleh orang asing telah menjadi isu kontroversial di Selandia Baru. Orang kaya seperti milarder Peter Thiel, sutradara film James Cameron, dan penyanyi Shania Twain telah menjadi sorotan karena melakukan pembelian properti dalam jumlah besar di negara tersebut.