Logo Bloomberg Technoz

Pengamat: Jokowi-Mega Masuk Fase Terburuk usai AHY Jadi Menteri

Muhammad Fikri
22 February 2024 17:30

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama istri berkunjung ke kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jakarta, Kamis (27/4/2023). (Dok. DPP PDIP)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama istri berkunjung ke kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jakarta, Kamis (27/4/2023). (Dok. DPP PDIP)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai masuknya Demokrat ke dalam kabinet menandakan hubungan Presiden Joko Widodo dan Megawati berada di fase terburuk. Demokrat masuk kabinet usai AHY dilantik menjadi menteri ATR/Kepala BPN.

"Secara personal, dilantiknya AHY menandakan bahwa hubungan Presiden Jokowi - Ibu Megawati berada di fase terburuk," jelas Agung Baskoro saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (22/2/2024).

Secara tidak langsung, kata dia, masuknya AHY ke dalam kabinet pemerintahan mengartikan Presiden Jokowi merangkul koalisi Partai Demokrat untuk menguasai hampir keseluruhan dukungan dari partai politik di parlemen. 

Bergabungnya Partai Demokrat, ia nilai, tidak lebih bertujuan untuk memastikan soliditas kabinet tidak terganggu jika sewaktu-waktu PDIP menarik menterinya. Di sisi lain, publik memahami hubungan antara Ketua Umum PDIP Megawati dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono belum pulih sejak 2004.

"Semua tahu, bahwa relasi Ibu megawati dan Pak SBY belum pulih sepenuhnya sejak 2004," ucap Agung.