Logo Bloomberg Technoz

Jangan Kalah dari Korea, BRIN Usul Jakarta Lahirkan K-Pop Betawi

Dinda Decembria
22 February 2024 12:30

Grup K-Pop BLACKPINK (Sumber: Bloomberg)
Grup K-Pop BLACKPINK (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Pusat Riset Manuskrip, Literatur, dan Tradisi Lisan BRIN, Sastri Sunarti, menyampaikan usulannya mengenai budaya K-Pop ala Betawi. 

Untuk itu kata dia pentingnya pembinaan generasi muda dalam kebudayaan dan kesenian di Jakarta.

Salah satunya dengan memberikan mereka skill untuk mendorong kreatifitas dalam membangun ekonomi dan industri kreatif berbasis kebudayaan lokal. 

"Mengenai pembinaan generasi muda saya kira ini juga sudah banyak dilakukan tapi mungkin lebih memberikan dan menguatkan lagi skill kepada mereka. Misalnya seperti Jepang atau Korea dengan budaya-budaya K-popnya. Kita juga bisa menciptakan K-pop ala betawi, saya kira kenapa tidak?," ujarnya saat memberikan paparan dalam Diskusi Pengembangan Riset dan Inovasi dalam Penguatan Jakarta sebagai Kota Global seperti yang dilansir dari website BRIN, Jakarta, Selasa (20/2).

Menurut Sastri, pengembangan kebudayaan saat ini lebih dipandang kerap menghabiskan anggaran. Padahal, dengan gaya yang seperti Ananta Rupa ada satu perusahaan anak muda yang mengambil dari riset kami tentang misalnya ikon budaya dari Majapahit kemudian menjadi game war yang sangat keren dan mampu mendapatkan penghasilan .