Logo Bloomberg Technoz

Update Beras di Ritel: Stok Masih Terbatas, Tak Ada Panic Buying

Dovana Hasiana
22 February 2024 09:50

Ilustrasi Gerai Indomaret (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Gerai Indomaret (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Indomarco Prismatama (Indomaret) melaporkan pasokan beras premium dari perusahaan swasta dan beras Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) dari Perum Bulog (Persero) mulai masuk dan telah didistribusikan ke gerai-gerai di ritel minimarket milik perseroan.

Meski demikian, Marketing Communication Executive Director Indomaret Bastari Akmal menggarisbawahi, saat ini alokasi stok beras di ritel modern tidak melimpah alias masih terbatas.

“Antrean [pembelian beras] relatif tidak ada, karena alokasi stok beras di toko juga tidak banyak,” ujar Bastari saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (22/2/2024). 

Menurut Bastari, kelangkaan beras premium kemasan eceran yang terjadi di Indomaret beberapa waktu lalu tidak terjadi karena adanya pembelian secara berlebihan atau panic buying.

Kelangkaan lebih disebabkan oleh pasokan beras kemasan yang dijual di gerai ritel modern lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar tradisional. Terlebih, ritel modern menjual dengan harga sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.