Logo Bloomberg Technoz

Houthi Klaim Serang Kapal Kargo Israel & Kapal Perang AS

Redaksi
21 February 2024 21:00

Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)
Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Houthi mengklaim telah menargetkan sebuah kapal kargo Israel dengan sejumlah rudal di perairan Teluk Aden, yang terletak di dekat Laut Merah. Kelompok pemberontak Yaman ini, yang bersekutu dengan Iran, juga mengklaim telah menyerang kapal perang AS.

Juru bicara militer Houthi, Yahya Sarea, menyatakan dalam pernyataan yang dibuat pada Selasa (20/2) waktu setempat bahwa pasukan Houthi menembakkan rudal ke kapal kargo Israel bernama MSC Silver yang berlayar di Teluk Aden, seperti dilansir Reuters Rabu (21/2/2024). Dia tidak memberikan komentar tambahan tentang serangan tersebut.

Sarea menyatakan bahwa pasukan Houthi juga melakukan serangan drone yang menargetkan sejumlah kapal perang AS di perairan Laut Merah dan Laut Arab, serta di sejumlah lokasi di kota rekreasi Eilat di bagian selatan Israel.

Tidak ada komentar lebih lanjut tentang kondisi kapal kargo Israel dan kapal perang AS tersebut. Militer Washington belum memberikan tanggapan resmi tentang klaim Houthi tersebut.

Houthi, yang menguasai wilayah Yaman yang paling luas, telah menyerang kapal-kapal yang diduga memiliki hubungan komersial dengan Israel, AS, dan Inggris.