Logo Bloomberg Technoz

Di sisi lain psikolog klinis, Veronica Adesla menilai peran orang tua tentunya adalah dalam mendidik, mengajarkan, dan menanamkan nilai moral kepada anak, baik dalam ucapan maupun perilaku. 

"Perihal: benar dan salah, aturan, hukum, dan norma, etika dalam berelasi, menghargai dan menjunjung tinggi hak asasi manusia, menumbuhkan empati dan saling berbagi, sikap saling menghargai dan menghormati satu sama lain, memberikan kontribusi positif bagi sekitar sesuai dengan kapasitas dan kemampuan,"katanya.

Selain itu, Veronica juga mengingatkan kepada orang tua untuk  menerapkan aksi - konsekuensi secara konsisten dan konsekuen juga dapat mengajarkan pada anak untuk bertanggung jawab atas keputusan, sikap dan perilaku yang dipilihnya.

Aksi perundungan atau bullying kata Veronica bisa terjadi dimana saja, bisa di sekolah, di rumah ataupun lingkungan rumah. 

"Pelaku memiliki  kuasa yang lebih tinggi ataupun lebih kuat daripada korban yang dinilai lebih lemah atau tidak berdaya, hal ini bisa dalam bentuk status yang lebih tinggi, usia yang lebih tua, ataupun kondisi fisik yang lebih kuat, dsbnya,"pungkasnya.

(dec/spt)

No more pages