Logo Bloomberg Technoz

IHSG Dibuka Mixed, Perhatian Tertuju Pada Suku Bunga BI

Muhammad Julian Fadli
21 February 2024 09:15

Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini bergerak mixed. Pada awal perdagangan sempat berada di zona merah dengan turun ke level 7.340. Namun indeks melompat ke zona hijau, dan hingga 10 menit perdagangan IHSG berada di area penguatan 0,09% ke level 7.359. Hari ini Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan kebijakan suku bunga acuan.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, volume perdagangan tercatat 1,32 miliar saham dengan nilai transaksi Rp941 miliar. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 143.494 kali.

Sebanyak 177 saham menguat dan 202 saham melemah. Sementara, 223 saham tidak bergerak.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari dalam negeri. IHSG menanti respons pasar atas hasil asesmen Bank Indonesia di mana Rapat Dewan Gubernur hari ini akan memberi petunjuk terkait perekonomian kedepannya, di tengah perkiraan BI masih akan mempertahankan suku bunga acuan.

Konsensus pasar yang dihimpun Bloomberg memperkirakan, BI Rate masih bertahan di level 6% bulan ini. Dengan demikian, BI Rate sudah ada di 6% sejak Oktober tahun lalu. Mempertahankan BI Rate menjadi jurus aman Bank Sentral mengingat bunga acuan global masih belum bergerak, dan diprediksi baru akan melandai paling cepat pada Juni nanti.