Logo Bloomberg Technoz

Bahkan sebelum komentar tersebut, perselisihan mengenai kedua perang - perang Rusia di Ukraina dan perang Israel di Gaza - diperkirakan akan mendominasi agenda.

Perselisihan ini menjadi sorotan terbaru yang berpotensi membuat pertemuan G-20 yang biasanya berjalan lancar menjadi lebih eksplosif. Hal ini juga akan menempatkan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam satu ruangan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov kurang dari seminggu setelah kematian pemimpin oposisi Alexey Navalny di penjara dengan keamanan maksimum di Rusia.

Israel telah berperang dengan Hamas di Jalur Gaza sejak invasi ke wilayah selatan Israel pada 7 Oktober. Peristiwa ini mengakibatkan sekitar 1.200 orang tewas dan lebih dari 200 orang disandera. Sejak pertempuran dimulai, lebih dari 28.000 warga Palestina di Gaza telah tewas.

Afrika Selatan juga telah menentang taktik perang Israel, dengan mengajukan tuduhan genosida ke Mahkamah Internasional. Beberapa negara Amerika Latin telah menarik pulang duta besar mereka dan mengevaluasi kembali hubungan mereka dengan Israel atas konflik tersebut.

(bbn)

No more pages