Logo Bloomberg Technoz

Hubungan dengan Israel Memburuk, Brasil Tarik Duta Besarnya

News
20 February 2024 17:35

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva. (Sumber: Bloomberg)
Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva. (Sumber: Bloomberg)

Simone Iglesias dan Andrew Rosati - Bloomberg News

Bloomberg, Brasil menarik pulang Duta Besarnya di Israel, Frederico Meyer, untuk konsultasi menyusul memburuknya hubungan kedua negara. Hal ini dipicu oleh pernyataan yang dibuat Presiden Luiz Inacio Lula da Silva yang menyamakan antara operasi militer Israel di Gaza dengan pembantaian penduduk Yahudi selama Holocaust.

Keputusan ini dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri Brasil melalui sebuah pernyataan hanya beberapa jam setelah pemerintah Israel memanggil Duta Besar Meyer ke Museum Holocaust untuk menerima teguran terkait komentar Lula pada hari Minggu.

Israel juga menyatakan penolakan mereka terhadap kedatangan Presiden Brasil ke negara tersebut hingga Lula menarik kembali pernyataannya.

Brasil dan beberapa negara berkembang lainnya telah secara konsisten memberikan kritik terhadap pemerintah Israel atas meningkatnya jumlah korban jiwa di Palestina. Namun, komentar Lula menambah ketegangan menjelang pertemuan menteri luar negeri G-20 yang akan diselenggarakan oleh Brasil akhir pekan ini di Rio de Janeiro.