Logo Bloomberg Technoz

Juara Dapil Jakarta III, Grace Natalie Berpotensi Tak Lolos DPR

Redaksi
20 February 2024 12:20

Grace Natalie (Tangkapan Layar via Instagram @gracenat)
Grace Natalie (Tangkapan Layar via Instagram @gracenat)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie Louisa memperoleh suara terbanyak di Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta III dengan menguasai 37.997 suara. 

Dia hanya bersaing dengan dua nama yang perolehan suaranya sudah lebih dari 25 ribu. Politikus Partai Golkar, Erwin Aksa mengumpulkan 35.298 suara dan politikus Partai Nasdem, Ahmad Sharoni dengan 28.308 suara.

Bahkan, PSI sendiri secara akumulasi menjadi peraih suara terbanyak kedua di Dapil DKI Jakarta III. Partai pimpinan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep ini menguasai 60.967 suara. Di bawah PDI Perjuangan yang mengumpulkan 75.300 suara.

Sesuai data Komisi Pemilihan Umum (KPU), dapil ini memiliki alokasi mencapai 8 kursi. Berdasarkan penghitung metode Sainte Lague, Grace Natalie seharusnya berhasil mendapatkan satu kursi DPR.

Akan tetapi, mantan Ketua Umum PSI tersebut berpotensi tak lolos ke DPR. Sesuai Pasal 414 Undang-undang Pemilu, hanya partai yang berhasil menembus ambang batas atau parlementary threshold yaitu minimal 4% suara nasional.