Logo Bloomberg Technoz

Angkasa Pura II Bidik 73 Juta Penumpang Tahun Ini

Fransisco Rosarians Enga Geken
15 March 2023 10:41

Ilustrasi penerbangan (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi penerbangan (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Angkasa Pura II kembali menargetkan peningkatan jumlah layanan penerbangan pascapandemi Covid-19. Perusahaan pengelola 20 bandara di Barat Indonesia ini membidik layanan 73 juta penumpang pada tahun ini. Angka itu setara 81% dari jumlah rata-rata penumpang sebelum pagebluk corona.

“Pertemuan tahun ini menandakan semangat yang sama antara operator bandara dan operator penerbangan untuk bangkit dan mengakselerasi pemulihan lalu lintas penerbangan,” kata Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin dalam siaran pers perusahaannya, Rabu (15/3/2023).

AP II menggelar rapat koordinasi dengan 50 maskapai yang beroperasi di 20 bandara tersebut. Mereka tengah merancang strategi untuk kembali memulihkan minat masyarakat menggunakan transportasi udara. 

Menurut Awaluddin, industri penerbangan telah melewati titik nadir terendah pada awal pandemi atau sekitar April 2020. Kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat telah membuat jumlah perjalanan udara anjlok ke titik 10% jumlah penumpang normal. 

Bahkan, kata dia, jumlah pengguna layanan penerbangan udara hanya 32-35 juta penumpang selama dua tahun masa penanganan pandemi, pada 2020-2021.