Logo Bloomberg Technoz

Zulhas Ungkap Beras SPHP Jadi Tumpuan Pembeli: 2 Hari Habis

Azura Yumna Ramadani Purnama
19 February 2024 19:50

Mendag Zulkifli Hasan Setelah Bertemu Airlangga di Kantor Kemenko Ekonomi. (Dok: Azura/Bloomberg Technoz)
Mendag Zulkifli Hasan Setelah Bertemu Airlangga di Kantor Kemenko Ekonomi. (Dok: Azura/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan bahwa stok beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) milik Bulog habis dalam dua hingga tiga hari di beberapa gerai ritel modern.

Ia menjelaskan, biasanya Bulog mengirimkan persediaan beras SPHP sekitar setiap dua minggu, tapi kini Bulog bisa mengirimkan beras tersebut setiap 2-3 hari.

“SPHP ini jadi alternatif, kan murah Rp54.000 ya [dapat beras] 5 kg, itu biasanya seminggu habis. Karena yang lain [beras premium] tidak ada, dua hari habis,” ujar Zulhas setelah menemui Menko Airlangga di Kantor Kemenko Ekonomi, Senin (19/2/2024).

Menurut Zulhas, hal tersebut disebabkan karena para pengusaha, utamanya gerai ritel modern tidak membeli beras kategori premium. Oleh karena itu, ia mengatakan pemerintah akan membahas hal ini dalam waktu dekat.

“Biasanya Bulog ngirimnya tiap dua minggu, akhirnya bisa juga kurang. Harusnya kan dua minggu baru ngisi [kirim ke toko ritel]. Ini dua hari, tiga hari habis, karena yang premiumnya mereka nggak ambil. Nanti kita mau rapat,” ujarnya.