Logo Bloomberg Technoz

Menteri Airlangga Ingin Stok Sembako Jelang Puasa-Lebaran Aman

Azura Yumna Ramadani Purnama
19 February 2024 19:10

Bawang merah ditawarkan kepada pembeli di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Bawang merah ditawarkan kepada pembeli di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah tengah memantau ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) untuk mencegah terjadinya kenaikan harga, hingga menyebabkan inflasi pada momentum hari besar keagamaan yaitu Idul Fitri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekonomi) Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini tengah memonitor ketersediaan sembako, yakni; beras, minyak goreng, bawang merah dan putih, gula, daging, susu, telur, gas elpiji, juga garam.

Hal ini ia utarakan kepada awak media setelah melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan di kantor Kemenko Ekonomi, Senin (19/2/2024).

“Ya ngomong yang lain juga, ngomongin ini lebaran udah dekat, jadi kita minta sembilan bahan pokok bisa tersedia. Karena urusan saya kan inflasi, karena kalau ini inflasi saya khawatir akan meningkat,” ujar Airlangga kepada awak media di kantornya, Senin (19/2/2024).

Selain itu, Airlangga juga mengungkapkan ketersediaan barang tersebut harus benar-benar terkendali. Pasalnya saat ini Indonesia akan melakukan survei ekonomi nasional.