Logo Bloomberg Technoz

Penjualan saham ini sebelumnya telah ditetapkan tahun lalu namun tertunda pasca dewan direksi OpenAI memecat Chief Executive Officer Sam Altman pada November. Namun tak lama keriuhan, perusahaan telah mempekerjakan kembali Altman dan sedang dalam proses penunjukan dewan direksi baru.

Terdapat potensi di masa mendatang bahwa OpenAI akan menumbuhkan valuasi lebih dari US$100 miliar, dengan secara paralel, selain penggalangan dana baru, Sam Altman tengah mengumpulkan miliaran dolar AS untuk meningkatkan pasokan chip komputasi mutakhir di dunia.

Peningkatan nilai OpenAI terjadi lebih dari setahun setelah perusahaan ini memukau khalayak dengan debut chatbot AI ChatGPT. Peluncuran ini memicu dorongan luar biasa atas AI di Silicon Valley, dengan raksasa teknologi, investor, dan perusahaan rintisan yang berlomba memajukan teknologi ini.

OpenAI sejauh ini telah menjadi pemimpin, dengan mencapai kesepakatan untuk mendapatkan US$13 miliar dari Microsoft Corp, selain pendanaan dari investor lain.

Pekan lalu, perusahaan merilis ora, produk generator teks-ke-video yang mampu menghasilkan klip video sinematik berdasarkan perintah teks.

(bbn)

No more pages