Logo Bloomberg Technoz

6 Dampak Ekonomi yang Diantisipasi dari Kemenangan Prabowo

Sultan Ibnu Affan
17 February 2024 10:00

Pendukung menghadiri pidato kemenangan Prabowo-Gibran di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pendukung menghadiri pidato kemenangan Prabowo-Gibran di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kalangan analis global memperhatikan setidaknya 6 hal yang perlu diantisipasi jika Prabowo Subianto pada akhirnya resmi ditetapkan sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam hal ini, Fitch Group melalui lengan risetnya – CreditSights – memperhatikan rencana-rencana kebijakan yang akan memengaruhi berbagai sektor jika Prabowo menjadi presiden ke-8 Indonesia, termasuk di antaranya dari lini energi dan pertambangan.

Secara garis besar, catatan riset yang berjudul Indonesia Election: Impact on Sectors & Corporates itu, menggarisbawahi dampak dari janji capres nomor urut 02 untuk melanjutkan berbagai program yang diusung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Berikut rangkuman analisis Fitch Group terhadap berbagai sektor program dan kebijakan, yang dinilai menjadi kunci ekonomi Indonesia.

Ekskavator bekerja di tambang nikel di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Senin (10/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

1. Proteksionisme Komoditas Andalan